Senin, 21 Juni 2010

Trik Optimasi Blog : Komentar Menambah Traffic

Alasan seseorang menulis komentar di kolom suatu blog tentu bukan lagi hanya untuk memberikan feedback ataupun pertanyaan seputar artikel yang di bahas.khusus para Blogger yang sedang melakukan blogwalking,menuliskan komentar memiliki tujuan lebih dari itu.apalagi kalau bukan untuk mendapatkan backlink yang akan mengangkat blog si blogger di mata search engine.walaupun begitu kebiasaan meninggalkan jejak di bagian komentar ternyata tidak di barengi ilmu berkomentar yang baik dan benar. di bagian atas box, dan di bagian bawahnya. akibatnya banyak komentar sampah yang hanya bikin penuh bagian komentar yang isinya iklan dan ajakan langsung menuju "TKP" si blogger tanpa mengindahkan etika yang seharusnya di tulis di bagian paling penting sesudah isi artikel suatu blog tersebut.padahal jika kita tahu cara memberikan komentar dengan baik dan benar bukan hanya kita sebagai pembaca mendapatkan backlink yang berguna untuk kenaikan pagerank blog,tapi juga akan memberikan point penting lainnya seperti akan menjadi pengunjung setia bahkan bisa menjalin hubungan dengan si host blogger.adapun trik optimasi dibawah ini akan memberika beberapa trik dan tips mengoptimasi komentar agar dapat menarik pengunjung di blog kita plus menaikkan page rank di mata sang mesin pencari karena mendapatkan backlink.

* Sumber Identitas

kebanyakan blogger yang sedang ber-blogwalking-ria, tidak meninggalkan jejak dengan semestinya.fasilitas kotak komentar memberikan beberapa "KTP identitas kepada pengunjung agar mudah untuk di hubungi kembali ketika sang host blog ingin membalas komentar sang guest atau hal lain.contohnya anda yang memiliki account email di yahoo bisa menggunakan "KTP" identitas yahoo anda agar mudah di kirimi balasan email.begitu juga dengan account lain.dan yang fatal kebanyak blogger menggunakan account blognya (umumnya di blogger) sebagai kartu Identitas di blog yang sudah dilalui.jika di bandingkan dengan menggunakan nama dan URL alamat blog cara ini tidak efisien sebab kita tidak mendapatkan backlink dari host blog.tentu sia-sia semua usaha kita dalam memberikan komentar serta menaikan martabat blog kita.

TIPS
usahakan setiap berkomentar gunakan Identitas berupa nama dan URL alamat blog anda agar jika ter-indeks oleh search engine kita mendapatkan satu backlink dari blog yang sudah kita sudah kunjungi.

* Jadilah pertamax

obsesi untuk jadi yang pertama dalam melakukan komentar jangan hanya di lakukan di forum kaskus saja.jadilah juga yang pertama berkomentar di blog rekan atapun teman anda.apalagi yang memberikan layanan "Do Follow" kepada para pengunjungnya.alasanya semakin diatas page komentar anda,si "jaring-jaring" google akan lebih cepat mengindek dan menghitung suara yang di berikan oleh blog yang sudah kita beri jejak dan tentu akan lebih efisien.coba bandingkan jika komentar kita berada di urutan ke 60 ataupun 70 dari daftar komentar.tentu hasil yang di dapatkan tidak sesuai karena lambatnya google mengindex jejak yang telah kita pasang.

* Ejaaan Dan Penggunaan Kata

selain memberikan komentar sebagai feed back terhadap artikel yang di bahas.kita juga bisa melakukan sedikit iklan kecil-kecilan di kolom komentar.tapi ingat lakukan senatural mungkin dan jangan tunjukkan bahwa anda melakukan komentar hanya untuk dapat backlink.karena tidak sampai seminggu komentar anda akan di hapus oleh si pemilik host blog.usahakan gunakan kata-kata bermakna denotasi untuk memancing pembaca yang lain agar mau masuk ke blog anda contohnya.
Contohnya.

Di blog x yang anda kunjungi sedang di paparkan tentang software pengolah kata "abcd" tapi sayang karena penjelasannya tidak terlalu jelas kebanyakan pembaca tidak mengeti.ini adalah saat yang tepat untuk menarik pembaca yang ke bingungan ke blog anda.coba anda pasang komentar seperti ini.

"wah nice tutorial mas tapi saya untuk tahap nomor 4 kyknya nggak berfungsi coba pake cara bla..bla..bla.. untuk lebih jelasnya bisa baca di www.blogkamu.com.

pasti pembaca yang kebingungan akan nimbrung di blog anda.dan saat pembaca sampai di blog anda jangan biarkan lepas begitu saja.coba kasih lebih banyak artikel tentang apa yang di cari si pembaca.dengan cara ini pembaca ini akan menjadi setia terus di blog anda.karena mendapatkan apa yang dicarinya di blog yang anda buat buat.selain itu cara ini juga akan mengubah pandangan anda akan blog yang bersifat "No-Follow".jadi mulai sekarang optimalkan status komentar anda agar dapat menjaring lebih banyak pengunjung dan menaikkan trafik blog anda


Akhir kata

HAPPY BLOGGING......

Baca Juga Yang Ini :

9 komentar:

Ryan mengatakan...

wah. Mantep nih. Baru trbuka pikiran gw. Thx sob.

Oiya, linknya sudah saya pasang jg.

putra mengatakan...

Sip nih tipsnya.
Oya, link Anda juga sudah saya pasang. Silahkan di cek. Thanks ya :)

daerahku daerah Gambut mengatakan...

saya kalau komentar selalu pakai name/url. Komentar juga kadang membantu terindeks di search engine pada blog saya.:D
Link sudah dipasang fren pada situs kawanan.

Suardiman mengatakan...

semua: wah makasih semuanya.ini first koment di blogku. happy blogging yaa...

Edwin Prasetio mengatakan...

komentar berhubungan erat dengan blogwalking. mari kita rajin mengunjungi dan berkomentar di blog teman2, pasti mereka mengunjungi balik blog kita dan memberi komentar juga..

Edwin Prasetio mengatakan...

link mas suardiman sudah saya pasang di blog saya www.sectoredwin.net. trims..

Suardiman mengatakan...

Edwin: setuju mas.wah jadi makin rajin nih main di blognya

komik blaze crew mengatakan...

wah mantap nih,,,
nice info.
http://komikblaze.blogspot.com

Muhammad Zaki, S.Pt. mengatakan...

ikut berkunjung dapat manfaat berlipat2, dapat ilmu baru plus dapat backlink, maturnuwun

Posting Komentar

Video Post

 

Free Blog Templates

Easy Blog Trick

Blog Tutorial

Twitter Blog Templates © Copyright by Bloghoulic | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks